Jumat, 02 Desember 2011

SISTEM RANGKA FISIOLOGI MANUSIA

SISTEM RANGKA

Sistem rangka adalah suatu sistemorganyang memberikan dukungan fisik padamakhluk hidup. Sistem rangka umumnya dibagi menjadi tiga tipe: eksternal, internal, dan basis cairan (rangka hidrostatik), walaupun sistem rangka hidrostatik dapat puladikelompokkan secara terpisah dari dua jenis lainnya karena tidak adanya struktur  penunjang. Rangkamanusiadibentuk daritulangtunggal atau gabungan (seperti tengkorak ) yang ditunjang oleh struktur lain sepertiligamen,tendon,otot, dan organ lainnya. Rata-rata manusia dewasa memiliki 206 tulang, walaupun jumlah ini dapat
 bervariasi antara individu.
Fungsi kerangka
antara lain:

menahan seluruh bagian-bagian tubuh agar tidak rubuh

melindungi alat tubuh yang halus seperti otak, jantung, dan paru-paru

tempat melekatnya otot-otot

untuk pergerakan tubuh dengan perantaraan otot

tempat pembuatan sel-sel darah terutama sel darah merah

memberikan bentuk pada bangunan tubuh buahRangka tubuh manusia dikelompokkan atas dua bagian yaitu:A.Skeleton aksialTerdiri atas sekelompok tulang yang menyusun poros tubuh dan memberikan dukungandan perlindungan pada organ di kepala, leher dan badan.Macam-macam skeleton aksial yaitu:
1.
Tulang tengkorak bagian kepala dan wajah terdiri dari:
Gambar : Tulang tengkorak dan tulang wajah
Tulang-tulang tengkorak merupakan tulang yang menyusun kerangka kepala.Tulang tengkorak tersusun atas 8 buah tulang yang menyusun kepala dan empat belas tulang yang menyusun bagian wajah. tulang tengkorak bagian kepalamerupakan bingkai pelindung dari otak. Sendi yang terdapat diantara tulang-tulang tengkorak merupakan sendi mati yang disebut sutura.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar